yang ada hanya tulisan tentang hari-hariku. Ada ceria, ada renungan, ada impian, dan.....ada cinta.

Blogging? Tenang aja, banyak yang mau ngebantuin


Pulsagram, Bisnis Pulsa Elektronik
Cara paling mudah menjalankan bisnis pulsa elektronik. Menguntungkan dan dapat diandalkan.

Komisi Gratis, Program Bisnis Online Yang Serba Gratis
Program Bisnis Online yang 100% gratis. Tapi tetap saja memberikan keuntungan.

Kemarin ada teman yang bertanya begini, “ Ka, kenapa sih kamu ngeblog? “. Aku jadi teringat pertanyaan ini di kalangan blogsphere sudah menjadi pertanyaan yang terlalu klise. Kalau tidak mau dibilang terlalu basi. Tapi dengan ringan aku jawab, aku ngeblog karena ada layanan blog gratis. Coba kalau semua layanan blogging harus bayar, mungkin sampai sekarang aku belum ngeblog. Belum merasakan yang namanya susahnya cari ide untuk bikin posting. Belum tahu rasanya jadi blogger yang ternyata cukup repot juga, maklum baru belajar.

Itu tadi alasan yang pertama untuk pertanyaan kenapa aku ngeblog. Terus, yang kedua, apa? Iya, apa ya? Ah..., gini aja, mudah-mudahan ini memang betul. Mungkin karena aku punya hobby menulis. Meskipun sedikit-sedikit. Kalau aku memang hobby berat menulis, mungkin aku bisa posting di blog ini setiap hari. Barangkali malah tiga postingan setiap hari. Weeekkk….

Tapi meskipun hobby menulisnya cuma sedikit, perlu penyaluran juga lho. Masa’ aku harus menawarkan tulisanku kepada penerbit? Itu pikiran yang ngelantur. Jadi, itulah gunanya blog gratisan. Layanan yang sangat berjasa bagi kita-kita yang punya hobby menulis. Apa saja bisa kita tulis untuk blog kita masing-masing. Tapi sangat disarankan agar menulis untuk kebaikan. Syukur-syukur bisa mengajak pembaca untuk berbuat kebaikan. Sudah dapat layanan gratis, dapat pahala lagi. Bisa masuk surga tuh. Insya’ Allah. Amin....

Tentu saja tidak sedikit kendala yang kita hadapi dalam berblogging ria ini. Kalau pada media massa konvensional, biasanya digarap oleh tim. Setiap personil punya tugas masing-masing. Sudah ada yang kebagian bikin tulisan, ada yang ngurusin desain grafis, ada yang jadi fotografer, ada bagian editing, pokoknya masing-masing punya spesialisasi. Tapi kalau ngeblog? Ya dikerjakan sendirian. Meskipun ada juga sih sebuah blog yang digarap oleh beberapa orang. Tapi umumnya, kebanyakan blog dikelola oleh satu orang saja. Malah gak sedikit yang punya blog lebih dari satu.

Berhubung pengerjaannya hanya dilakukan oleh satu orang, kalau terjadi hal-hal yang diluar dugaan, misalnya tampilan blog yang mendadak jadi amburadul, terpaksa diatasi sendiri. Atau minta bantuan rekan sesama blogger. Minta advis. Pasti ada yang mau bantuin. Itu bukti solidaritas dalam dunia blogsphere. Memang komunitas ini bisa jadi tempat yang bagus untuk saling berbagi. Saling dukung. Hingga ada semboyan yang sering ditinggalkan para blogger pada post comment, keep blogging. Keep writing. Tetap jaga semangat untuk ngeblog. Itu pesan yang jadi spirit bagi semua blogger. Hitung-hitung membantu program sejuta blog. Mudah-mudahan selalu ada layanan blog gratisan. :-)

Lalu kalau ada yang tanya, “ Ka, apa sih yang kamu dapat dari ngeblog? Apa gak malah buang-buang uang untuk akses internet. Kan mendingan uang itu untuk beli beras “. Dijawab bagaimana ya? Tapi itulah resikonya kalau punya hobby. Orang akan jadi puas kalau hobbynya tersalurkan. Meskipun harus bayar. Tapi tidak selamanya akses internet harus bayar koq. Kalau pas ngenet di kantor sih... :)


Pulsagram, Bisnis Pulsa Elektronik
Cara paling mudah menjalankan bisnis pulsa elektronik. Menguntungkan dan dapat diandalkan.

Komisi Gratis, Program Bisnis Online Yang Serba Gratis
Program Bisnis Online yang 100% gratis. Tapi tetap saja memberikan keuntungan.

tulisan terbaru dengan kategori yang sama :


 

KLIK DISINI UNTUK KEMBALI KEATAS

yang ada hanya tulisan tentang hari-hariku. Ada ceria, ada renungan, ada impian, dan.....ada cinta.