yang ada hanya tulisan tentang hari-hariku. Ada ceria, ada renungan, ada impian, dan.....ada cinta.

Pingin tetap fresh di bulan puasa?


Pulsagram, Bisnis Pulsa Elektronik
Cara paling mudah menjalankan bisnis pulsa elektronik. Menguntungkan dan dapat diandalkan.

Komisi Gratis, Program Bisnis Online Yang Serba Gratis
Program Bisnis Online yang 100% gratis. Tapi tetap saja memberikan keuntungan.

Kurang beberapa hari lagi kita sudah memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang selalu ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan yang selalu membawa kebaikan dan berkah. Bulan dimana kita, yang beragama Islam ya, diwajibkan untuk berpuasa. Bulan dimana kita gak bisa lagi ngemil camilan sambil bikin laporan di kantor. Bulan dimana aku gak bisa makan siang lagi di kantin. Terus, makan siangnya dimana? Gak makan siang dong. Lagi puasa koq.

Berhubung sudah dekat sama bulan Ramadhan, postingnya sebaiknya yang bernuansa religius juga ya. Sebagai seorang blogger alias pemilik blog, harus menyuarakan kebaikan juga pada bulan Ramadhan ini. Apa posting sebelumnya gak menyuarakan kebaikan juga? Sudah sih, cuma aja sekarang konteksnya jadi agak berbeda. Cihui, keren juga ya alasannya. Padahal sih astul, asal tulis….

Kali ini aku coba mengetengahkan beberapa kiat agar selalu tetap fresh meskipun sedang berpuasa. Soalnya teman-temanku kalau pas lagi puasa, tampilannya jadi loyo gitu. Termasuk aku juga sih. Ngaku juga dech. Kiat-kiat ini aku ambil dari pengetahuan yang aku dapat dari omongan orang lain, juga baca-baca dari beberapa artikel.

Begini, agar ibadah puasa kita berjalan dengan baik, tentu aja kita harus menjaga kebugaran fisik. Soalnya, berubahnya jadwal makan dari tiga kali sehari menjadi dua kali ada juga dampaknya pada tubuh kita. Yang paling mencolok misalnya penurunan pada berat badan yang umumnya bisa sampai 5%, meskipun ada juga yang naik sampai 2%. Penurunan berat badan terasa banget pada dua minggu pertama saat puasa. Tapi semua itu masih masuk dalam batas normal bagi orang sehat. Kalau aku sih penurunan pada berat jempol kaki. Sepatuku jadi longgar. Hihihi….

Hal yang dikhawatirkan banget ialah jika melakukan kegiatan yang berlebihan adalah menurunnya pasokan cairan tubuh alias dehidrasi. Jika sedang tidak berpuasa, cairan yang hilang dari tubuh bisa lansung diganti. Langsung aja minum, glek..glek..glek. Teratasi deh resiko terserang dehidrasi. Tapi kalau lagi puasa, gak bisa kayak gitu. Batal deh puasanya. Terpaksa cairan tubuh yang kurang baru bisa disupply saat berbuka puasa. Akibatnya, tubuh akan kekurangan air dan ini mengganggu kerja fungsi organ tubuh yang lain.

Jadi, dianjurkan agar menjalankan aktivitas yang tidak terlalu banyak mempergunakan tenaga. Kalaupun ingin melakukan aktivitas yang “berat-berat“ seperti olahraga misalnya, sebaiknya dilakukan saat menjelang berbuka puasa, kira-kira 1 – 2 jam sebelumnya. Bisa juga olahraga dilakukan sesudah berbuka puasa, tetapi sebaiknya 2 –3 jam setelah perut diisi makanan. Tapi biasanya habis buka puasa, lalu makan malam, siap-siap deh ikutan tarawih. Ngapain olah-raga malam-malam, bikin capek aja. Mendingan sholat tarawih, dapat pahal. Iya gak.

Dengar-dengar sih, kita dianjurkan untuk tetap melakukan aktifitas rutin selama puasa asal tidak berlebihan. Hal tersebut untuk merangsang keluarnya hormon antiinsulin yang berfungsi melepaskan gula darah dari “gudangnya”. Kalau kita bermalas-malasan selagi berpuasa, atau terlalu banyak tidur, malah tubuh kita makin kurang energi alias tak bertenaga. Itu semua karena kadar gula dibiarkan menurun secara drastis. Selain tetap giat beraktifitas, mengatur menu saat sahur dan berbuka juga mempunyai peranan yang penting. Soalnya, saat itulah tubuh diisi makanan yang memenuhi syarat gizi agar kebutuhan kalori tercukupi. Gitu aja deh kiat-kitanya. Silahkan kalau ada yang mau nambahin.


Pulsagram, Bisnis Pulsa Elektronik
Cara paling mudah menjalankan bisnis pulsa elektronik. Menguntungkan dan dapat diandalkan.

Komisi Gratis, Program Bisnis Online Yang Serba Gratis
Program Bisnis Online yang 100% gratis. Tapi tetap saja memberikan keuntungan.

tulisan terbaru dengan kategori yang sama :


 

KLIK DISINI UNTUK KEMBALI KEATAS

yang ada hanya tulisan tentang hari-hariku. Ada ceria, ada renungan, ada impian, dan.....ada cinta.